Rangkuman Bab 1 BTIK

Rangkuman Bab 1 BTIK


Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika | Jurusan Kuliah

 

Ray Rashieka / 29 – 8E

 

Internet adalah sistem jaringan yang terdiri atas jaringan-jaringan kecil yang terkoneksi untuk menghubungkan antarkomputer di seluruh dunia melalui TCP/IP. Berasal dari kata interconnected-networking yang berarti jaringan komputer yang saling terkoneksi.

Internet menjadi salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas negara. Dengan internet semua informasi dapat disebarkan dan diakses di seluruh penjuru dunia.

Jaringan komputer adalah kumpulan kompuer-komputer yang terhubung satu dengan lainnya. Dalam jaringan komputer, terdapat komputer server dan komputer klien. Komputer server adalah komputer berfungsi melayani pengiriman dan penerimaan data dari berbagai komputer yang ada dalam jaringan, sedangkan komputer klien adalah komputer yang menerima dan mengirim data-data.

 

Sejarah Internet

Internet berawal karena dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tahun 1969 karena kekhawatirannya terhadap Uni Soviet. Dibentuk melalui proyek lembaga ARPA (Advanced Research Projects Agency) yang mengembankan ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network). Karena bantuan dari berbagai pihak ARPANET berkembang dengan sangat cepat. Sehingga NCP yang digunakan ARPANET kewalahan karena terlalu banyak jaringan komputer yang berbeda. Oleh karena itu, pada tahun 1973, dikembangkan DARPA yang memungkinkan dua jaringan komputer berbeda dapat berinterkoneksi satu sama lain. Mulai dari situ internet berkembang jauh sampai saat ini.

 

Manfaat Jaringan Komputer

1. Membagi sumber daya

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Dapat berupa perlengkapan komputer seperti printer atau sumber daya data seperti file dan program.

2. Relabilitas tinggi

Jaringan komputer memungkinkan penggunanya untuk menyalin data antarkomputer, sehingga apabila data itu hilang atau komputer itu rusak maka masih ada data salinan.

3. Menghemat uang

Dengan menggunakan jaringan, perusahaan dapat menghemat peralatan yang dibutuhkan, seperti printer. Dengan adanya jaringan komputer, satu printer dapat dipakai setiap karyawan tanpa harus membeli printer tambahan.

4. Sebagai sarana komunikasi

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi sebagai sarana komunikasi. Misal seorang pemimpin perusahaan dapat menaruh sebuah file di server lalu bawahannya dapat mengaksesnya. Tanpa susah tidak harus mengirimkan kepada satu-satu karyawannya.

 

Jaringan komputer dapat dibagi dua, yaitu jaringan kabel dan jaringan nirkabel. Jaringan nirkabel memiliki kelebihan yaitu dengan memiliki mobilitas tinggi. Bisa dipakai di mana saja. Namun memiliki kekurangan yaitu rawan terhadap penyadapan.

 

Jenis – Jenis Jaringan Komputer

1. Local Area Network (LAN)

LAN adalah jaringan yang menghubungkan komputer-kompiter yang terdapat pada satu lokasi yang sama, seperti gedung atau perkantoran.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

MAN digunakan seperti LAN namun memiliki jaringan area yang lebih besar seperti satu kota. MAN bertujuan untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada dalam suatu kota dapat terhubung satu sama lain.

3. Wide Area Network (WAN)

 WAN adalah jaringan komputer dengan cakupan lebih luas, dapat mencakup area negara bahkan benua. WAN dapat digunakan oleh negara-negara untuk menghubungkan basis data dari satu daerah ke daerah lainnya.

4. Internet

Internet adalah jaringan komputer yang sangat besar dan dapat mencakup seluruh dunia. Jika satu komputer terhubung dengan internet, maka dia dapat mengakses setiap komputer di penjuru dunia lain yang terhubung dengan internet.

5. Intranet

Intranet adalah jaringan kompuer pribadi. Sama seperti internet, namun yang bisa mengakses hanya organisasi itu sendiri dan tidak dapat dibuka oleh umum.

 

Kecepatan akses dan kecepatan transfer data di dalam jaringan ditentukan oleh lebar bandwidth yang tersedia. Satuan data yang digunakan adalah bit, namun satuan kecepatan akses adalah bps (byte per sekon). 1 byte = 8 bit. Besaran data dapat juga terbentuk dalam Terabyte, Gigabyte, Megabyte dan seterusnya. Teknologi mempengaruhi kecepatan mentransfer data, seperti 2G lebih lambat dari teknologi 3G. Namun 4G saja sudah terlalu lambat dengan kecepatan 10 Mbps, maka dari itu teknologi 5G ditunggu-tunggu karena pasti lebih cepat dari teknologi sebelumnya.

ISP (Internet Service Provider) adalah sebuah perusahaan yang menjual jasa  layanan koneksi internet. Adanya ISP dikarenakan infrastruktur yang menghubungkan koneksi internet sangat mahal, sehingga perorangan tidak mampu untuk memiliki. Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih ISP yaitu kecepatan transfer data, biaya, luas jangkauan dan teknologi yang digunakan.

Koneksi suatu perangkat internet dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dengan melalui jaringan LAN. Komputer terhubung pada LAN, komputer server, modem, ISP lalu menuju ke internet langsung.  LAN dapat dibangun dengan teknologi kabel dan nirkabel. Cara lainnya yaitu menggunakan ponsel. Ponsel menggunakan layanan data operator seluler, kita dapat menjadikan ponsel sebagai titik modem kepada komputer melalui sinyal WiFi maupun tidak.  Cara terakhir yaitu menggunakan satelit. Satelit digunakan untuk mengakses internet di daerah pedalaman yang tidak mempunyai ISP. Namun kekurangan satelit yaitu adanya latensi atau delay yang cukup besar.

Di internet terdapat berbagai macam aplikasi yang umum digunakan sekarang, yaitu:

1.       Discussion board

2.       Newsgroup

3.       World Wide Web

4.       Email

5.       Mailing list

6.       Weblog

7.       Media sosial

8.       Cloud storage

9.       Aplikasi berbasis cloud; dan

10.   Searching engine

Mesin pencari atau search engine seperti Google, Bing, Yahoo, dan lainnya adalah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi atau data pada internet. Mesin pencari menerapkan sistem indeks yang canggih dan berbagai algoritma pencarian untuk memberikan hasil pencarian dengan tingkat keseuaian yang tinggi. Saat mencari dengan search engine, ada beberapa pengaturan yang dapat dilakukan, yaitu menyortir dengan domain, jenis file, umur dokumen, bahasa, lokasi dan lainnya.

 

Protokol adalah aturan-aturan yang membuat dua komputer saling mengerti satu sama lain. Protokol-protokol tersebut  bekerja sama untuk menangani proses pengiriman data. Protokol dapat berupa hardware atau software.

Salah satu protokol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data adalah TCP/IP (Transfer Control  Protocol/Internet Protocol). TCP/IP adalah protokol yang bekerja sama menangani proses pengiriman data dimana masing-masing protokol memiliki tugas yang bertujuan supaya data yang dikirim sampai dengan benar dan tidak rusak.

 

Keamanan Data

Data yang dikirim melalui jaringan komputer dan internet dapat bersifat penting, maka hal ini dapat mengundah pihak-pihak untuk mencuri data tersebut untuk keuntungan mereka. Serangan terhadap data komputer dibagi dua, yaitu:

1. Hacking

Hacking adalah usaha ilegal dalam memasuki suatu jaringan untuk mengambil data atau file.

2. Cracking

Cracking adalah usaha memasuki secara ilegal suatu jaringan dengan maksud mengahncurkan file atau data yang disimpan di dalam komputer tersebut.

Teknik-teknik pencurian data yang sering digunakan:

1.       Eavesdropping

2.       Spoofing

3.       Email spoofing

4.       Phising

5.       Pharming

6.       Cookies

7.       Spyware

8.       Adware

9.       Browser; dan

10.   Hijackers

Untuk menghindari pencurian data dan file dari satu komputer ke komputer lainnya, maka kita dapat menggunakan berbagai teknologi yang kusus dibuat untuk keamanan file dan data kita. Beberapa teknologi tersebut adalah:

1. Firewall

Firewall adalah pernagkat yang digunakan untuk membentengi suatu jaringan komputer dari jaringan internet. Firewall melindungi jaringan dengan cara menyaring aplikasi dari data yang keluar dan masuk internet.

2. Enkripsi

Ekripsi adalah proses menyamarkan sebuah data atau pesan sehingga pesan kita tidak jatuh  kepada orang lain dan tidak dapat dimengerti.

 

 

 

 


Comments

Popular posts from this blog

Digilabs 2020 SMP Labschool Jakarta

Liburan Idul Fitri 1442 H - Ray Rashieka

Isra Mirah 1442 H