Mengenal Algoritma


MACAM - MACAM ALGORITMA 

Ray Rashieka Arsenio Rusyadi


RoboGarden | How to learn algorithms?



Nama saya Ray dari kelas 8E absen 29

Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritme adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritme digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis. Algoritme adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik.

Mengenai asal- usul dari kata algoritma itu sendiri bukan merupakan sesuatu yang penting dalam pembahasan di dunia pemrograman. Setiap langkah dalam algoritma ini haruslah logis dan jelas. Yang dimaksud jelas adalah memiliki nilai benar atau salah dan tidak memiliki nilai di tengah-tengah. Algoritma juga erat kaitannya dengan step by step dalam melakukan pekerjaan. Anda akan melihat proses dari sebuah hasil kerja.

Algoritma tidak selalu identik dengan angka. Terdapat 3 pertimbangan dalam pemilihan algoritma. Ke-3 pertimbangan tersebut adalah benar, baik, dan efisien. Benar berarti output dari algoritma tersebut tidak salah. Sebaik apapun algoritmanya, jika salah, maka menjadi percuma. Baik maksudnya seberapa baik hasil dari algoritma tersebut dengan indikator kedekatan antara hasil dengan nilai yang real.

Program itu dapat dimaknai sebagai algoritma ditambah bahasa atau struktur data. Sebuah program yang baik, memiliki struktur data yang naik pula. Sebaliknya, struktur data yang buruk dengan algoritma yang baik tetap tidak akan membuat sebuah program menjadi baik. Lantas, adakah standar atau indikator yang dapat menyatakan baik dan buruknya sebuah algoritma? Jawabannya ada, berikut adalah syarat-syarat sebuah algoritma dikatakan baik.

  • Algoritma harus efisien dimana prosesnya dapat diselesaikan secepat mungkin dengan frekeusi perhitungan yang sependek mungkin. Dengan kata lain, tidak boros sumber daya.
  • Algoritma yang baik harus dengan mudah diimplementasikan ke perangkat komputer.
  • Algoritma yang baik harus mudah dipahami. Hal ini berlaku tidak diskriminatif dimana siapapun dapat dengan mudah memahami algoritma tersebut. Dampak buruk dari susahnya dimengerti sebuah algoritma adalah kesulitan pengelolaan algoritma.
  • Akurasi tinggi adalah syarat lain dari algoritma yang baik. Mana bisa menjadi algoritma yang digunakan secara profesional jika hasilnya tidak akurat.
  • Semakin umum maka semakin baik. Algoritma yang baik adalah algoritma yang berlaku umum dan tidak terbatas pada 1 bidang spesifik. Jika bisa sampai berlaku umum, maka algoritma tersebut mampu menyelesaikan masalah dan bermanfaat di berbagai bidang.
  • Algoritma yang baik memiliki langkah-langkah yang jelas dan detail. Setiap proses tepat dan lengkap dimana tidak tanggung, penuh kejelasan, dan penuh kepastian.
  • Algoritma yang baik juga harus bisa dikembangkan. Bukan tidak mungkin sebuah algoritma yang tampak sederhana bisa terus dikembangkan untuk menghasilkan hasil yang lebih tinggi dan lebih baik hasilnya.
List Algoritma Pemrograman Apa Saja:
1. Pencarian Beam
2. Pencarian Binary
3. Kompresi Data
4. Branch dan Bound
5. Hashing
6. Dynamic Programing
7. Maximum flow
8. Metode Newton
9. Karatsuba Multiplication
10. Q-Learning

Hari ini kita akan belajar algoritma dengan menonton video-video Youtube ini.


1.


2.



3.

4. 


5.





Comments

Popular posts from this blog

Digilabs 2020 SMP Labschool Jakarta

Liburan Idul Fitri 1442 H - Ray Rashieka

Isra Mirah 1442 H