Maulid Nabi SMP Labschool 2020 - Ray Rashieka



Maulid Nabi SMP Labschool 2020

 

                Assalamu’alakium Wr. Wb., saya Ray dari kelas 8E. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya saat Maulid Nabi tahun ini, yaitu tepatnya hari Senin, tanggal 26 Oktober 2020. Pada hari itu juga diadakan perlombaan Loketa (Lomba keterampilan agama) untuk memeriahkan Maulid Nabi dan Bulba (Bulan bahasa). Terdapat berbagai macam lomba yang umumnya berhubungan dengan keterampilan seni, untuk perlombaan loketa yaitu: MTQ, Tahfidz, Adzan, Da’i, Kaligrafi, dan Komik islami. Sedangkan untuk Bulba yaitu: Pidato, Debat, Puisi, foto virtual (fotu), E-Poster, dan cerpen.

                Maulid Nabi kali ini berbeda, ya karena pandemi Covid19 acara ini dilakukan via online, melalui aplikasi Zoom yang sudah mendunia semenjak karantina dimulai. Labshool selalu menggunakan Zoom sebagai aplikasi tatap muka virtual yang diandalkan dalam berbagai kebutuhan sekolah.


                Siswa diinstruksikan untuk masuk zoom pukul 7 pagi, waktu sekolah masuk seperti biasa. Saat saya masuk ruangan Zoom seperti biasa para murid menutup kamera, hanya guru-guru yang sedang mengobrol menunggu pembicara dan muird lain yang belum masuk. Tak lama acara dimulai, siswa-siswi menyalakan kamera, dilihat semua virtual backgroundnya sama berwarna biru, karena memang sengaja diseragamkan virtual backgroundnya. Walau masih ada sebagian siswa yang mematikan kameranya.

                Sesi pertama yaitu sambutan-sambutan yang dimulai dari Ibu Ita, lalu ketua POMG, Pak Asdi Kepala SMP Labschool, lalu Kepala BPS. Tak lupa juga ada tilawah dari Rohis SMP Labschool. Setelah itu barulah pembicara utama, yaitu Ustad Usaid memberikan materi. Materi yang disampaikannya yaitu tentang kebiasaan-kebiasaan, sikap, sifat, dan cara mendekatkan diri kita kepada Rasulullah. Ceramah yang diberikan oleh beliau kira-kira berlangsung selama 1 jam, lebih cepat dari perkiraan waktu yang diberikan pada rundown acara. Setelah itu para murid dipersilahkan untuk beristirahat dan bersiap untuk lomba.

                Setelah beristirhat kurang lebih 30 menit, siswa-siswi diperbolehkan masuk Zoom sesuai lomba masing-masing. Untuk yang tidak ikut lomba bisa mendukung teman mereka dengan masuk ke Zoom lomba sesuai dengan nomor absen. Kali ini saya mengikuti lomba Adzan, dengan latihan yang cukup matang saya memasuki Zoom lomba tersebut. Saya berdoa supaya dilancarkan dan tidak terjadi masalah seperti gangguan jaringan atau lainnya. Saya dapat urutan giliran ke-4. OSIS yang bertugas menjelaskan tata tertib perlombaan dan apa saja yang dinilai oleh juri, yaitu Pak Kasdi dan Pak Warisno.

                Sambil menunggu giliran saya mendengaran adzan mereka. Ternyata benar perkiraan saya, suara adzan mereka sangat merdu. Walau begitu saya tidak takut atau minder, karena mencoba ikut lomba saja sudah bagus, dapat menambah pengalaman, menang atau kalah sudah saya pasrahkan kepada Allah SWT. Giliran saya telah tiba, kamera saya dispotlight, ditonton oleh puluhan orang. Adzan pun saya kumandangkan dengan percaya diri. Tak terasa lama, saya sudah selesai adzan, tinggal menunggu nilai saja.

                Setelah semua peserta selesai, OSIS mempersilahkan untuk keluar dari Zoom tersebut dan bergabung dengan teman-teman lainnya di Zoom mata lomba debat yang sudah ramai. Lomba debat bisa diikuti kelas 7 sampai kelas 9. Setelah beberapa babak debat yang biasanya terdiri dari 4 peserta, mulailah ke bagian yang seru, dimana kakak-kakak yang lolos tampil mengunjukkan kemampuan berargumentasi mereka. Salah satu topik debat yang ada adalah “Apakah Menghapus UN Pilihan Tepat ?”. Di situ 4 peserta dibagi menjadi 2 kubu, yaitu pro dan kontra.

Video Lomba Debat

                Sayang sekali lomba debat ini dilaksanakan online lewat Zoom, padahal kalau diadakan secara langsung seperti tahun lalu suasana tegang dan sengit sangat berasa diantara para peserta. Penonton pun bisa bersorak, tidak seperti kali ini dimana setiap supporter atau penonton harus mute microphone masing-masing.

Sekian dulu cerita saya hari ini, bila ada salah mohon dimaafkan.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  

Comments

Popular posts from this blog

Digilabs 2020 SMP Labschool Jakarta

Liburan Idul Fitri 1442 H - Ray Rashieka

Isra Mirah 1442 H